Rabu, 29 Oktober 2014

Menyikapi Dua Hal yang Sama-Sama Pentingnya

Refleksi: terinspirasi oleh  perkuliahan dari Prof. Dr. Marsigit M.A(24 oktober 2014)

Hidup manusia adalah pilihan. Ketika ada banyak pilihan dalam hidup kita, haruslah kita bisa memilih pilihan itu sebagai sesuatu yang mampu mendefenisikan siapa diri kita. Kadang kita merasa tidak nyaman dengan banyak pilihan, yang mana pilihan-pilihan itu sama-sama pentingnya dan harus kita laksanakan dalam waktu yang sama pula.
Kita sebagai manusia itu sempurna didalam ketidaksempurnaan. Tetapi kita harus bersyukur dengan ketidaksempurnaan yang kita miliki, sebab dengan ketidaksempurnaan itulah kita menjadi tahu siapa diri kita sebenarnya.
Kita menjadi tahu siapa diri kita, disaat kita mengambil tindakan atau solusi untuk menentukan pilihan-pilihan yang ada. Tindakan atau solusi yang kita ambil itulah menunjukkan siapa diri kita. Itu berarti kita mampu mendefenisikan siapa diri kita. Ada banyak solusi dan tindakan yang kita jalani dalam menentukan pilihan kita itu. Solusi yang baik berarti itu adalah bentuk defenisi dari diri kita yang baik pula. Begitupun sebaliknya. Ada bermacam-macam defenisi dalam diri kita. Defenisi itu meliputi yang ada dan yang mungkin ada.
Disaat kita dihadapkan dengan berbagai pilihan yang sama pentingnya, kita butuh komunikasi. Mengkomunikasikan atas berbagai pilihan yang ada. Lakukanlah apa yang menurut kita penting. Bukan berarti yang lainnya kita tiadakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar